Jumat, 01 April 2011

Belimbing Wuluh Dan Khasiatnya

Belimbing Wuluh Dan KhasiatnyaBelimbing merupakan salah satu buah yang berbentuk seperti bintang. Maka dari itu, belimbing juga disebut star fruit dalam bahasa Inggris. Pohon Belimbing berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka, dan banyak terdapat di daerah Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Belimbing ditanam secara komersial di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii.



Deskripsi Pohon
Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah.

Deskripsi Buah
Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C. Salah satu jenis dari belimbing, yang disebut belimbing wuluh, sering digunakan untuk bumbu masakan, terutama untuk memberi rasa asam pada masakan.

Salah satu wilayah yang terkenal akan produksi belimbing adalah Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuran besar, warnaya kuning cerah dan rasanya manis.
Belimbing wuluh
Sering juga disebut belimbing sayur atau belimbing asam. Bentuk pohonnya kecil, diperkirakan berasal dari kepulauan Maluku dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka dan Myanmar. Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya. Buahnya yang memiliki rasa asam sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu.

Habitus
Pohon ini tingginya mencapai 5-10 meter. Batang utamanya pendek dan cabangnya rendah. Batangnya bergelombang (tidak rata). Daunnya majemuk, berselang-seling, panjang 30-60 cm dan berkelompok di ujung cabang. Pada setiap daun terdapat 11 to 37 anak daun yang berselang-seling atau setengah berpasangan. Anak daun berbentuk oval.

Khasiat Belimbing Wuluh
1. Belimbing Wuluh menyembuhkan gusi berdarah
2. Belimbing Wuluh sebagai Obat Gondongan
3. Belimbing Wuluh sebagai Obat Rematik
4. Belimbing Wuluh sebagai Obat Sariawan
5. Belimbing Wuluh sebagai Obat Sakit gigi
6. Belimbing Wuluh sebagai Obat Penghilang Panu
7. Belimbing Wuluh sebagai Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi
8. Belimbing Wuluh sebagai Obat Batuk
9. Belimbing Wuluh sebagai Obat Diabetes
10. Belimbing Wuluh sebagai Obat Penghilang Jerawat

Nama Lokal :
* Aceh : Limeng ungkot, selimeng
* Gayo : selemeng
* Batak : asom, belimbing, balimbingan
* Nias : malimbi
* Minangkabau : balimbieng,
* Melayu : belimbing asam,
* Lampung : balimbing,
* Sunda : calincing, balingbing,
* Jawa : blimbing wuluh,
* Madura : bhalingbhing bulu,
* Bali : blingbing buloh,
* Bima : limbi,
* Flores : balimbeng,
* Sawu : libi,
* Sangir : belerang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar